BURUNG CIBLEK KALUNG

BURUNG CIBLEK

CIBLEK KALUNG

Burung ciblek ini, yang dikenal sebagai burung ciblek kalung, memang terkenal kampiun. Nah ketika jalan-jalan ke blog teman, saya membaca artikel tentang ciblek kalung ini.
Apa itu ciblek kalung? pada bagian dada ciblek ini ada tanda abu-abu yang biasa disebut kalung. Karenanya, banyak orang yang menyebut ciblek ini ciblek kalung.

Adapun perbedaan jantan-betina:
Jantan:
-kepala condong bulat agak besar/istilah jawa Njambe
-kaki panjang proposional/cengkraman kuat ciri fighter bagus
-paruh tebal hitam,rongga mulut juga hitam
-mata cerah bulat dan belotot
-ekor agak panjang dan rapat
Betina:
-kepala bulat kecil
-paruh tipis
-kaki cenderung pendek2
-pelipis mata ada tanda putih semacam alis
Dibandingkan dengan jenis lainnya, misalnya ciblek pari/tebu dan ciblek putih, jenis ini lebih banyak dikoleksi orang. Sebab, banyak yang meyakini sekaligus mengamini kalau jenis burung ini memiliki sifat tempur yang luar biasa ditunjang roll lagu dan tembakan yang dahsyat.

Harganya di pasaran pun relatif mahal, mengingat juga di habitatnya sudah jarang dan stok di pasar juga menipis.
Nah di sini ada contoh video dan suaranya. Hanya saja burung ciblek yang suaranya ngebren banget ini tidak saya ketahui pemiliknya karena di youtube.com, sumber video ini, hanya disebutkan diupload oleh ndydyt, dan hanya diberi keterangan “isian komplit”.
Menurut saya, isian ciblek ini tidak kumplit, tetapi justru kekuatannya ada pada suaranya yang ngebren dreded- ded- ded- ded- ded- ded- ded- ded- ded-nya yang rapat dan panjang.CIBLEK

Komennya yaaa Sepatah dua patah kata gak apa yang penting bermanfaat